Tol Bawen-Salatiga Bisa Digunakan Mulai H-10

Persiapan Tol Bawen Salatiga untuk Lebaran 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan ruas tol Bawen-Salatiga bisa di akses pemudik H-10 Lebaran tahun ini.

‎DPRD Jateng Tolak Proyek Tol yang Digagas Jokowi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol Bawen-Salatiga memiliki panjang 17,5 kilometer. Dan untuk progres pembangunannya telah mencapai 99 persen.

Menurut dia, meski jalan tol sudah bisa dilintasi pemerintah masih mengkategorikan tol ini fungsional dan belum akan dikenakan biaya alias gratis bagi para pemudik.

Terkuak Misteri Mobil Mundur Sendiri di Tanjakan Salatiga

"Ini sudah tembus dari Bawen hingga Salatiga, panjangnya 17,5 Km. Sekarang progresnya sudah 99 persen dan lebih baik dibandingkan Brebes-Weleri," jelas Basuki di Proyek Tol Bawen-Salatiga, Minggu 11 Juni 2017.

Ia menceritakan, sebelumnya proyek tol Bawen-Salatiga sempat dikunjungi Presiden Joko Widodo pada 8 April 2017. Saat itu, dari Bawen masih belum tembus dan terhalang bukit tinggi.

Kementerian PUPR: Tanjakan Kali Kenteng Aman Dilintasi

"Sekarang sudah tembus bukit yang kehalang sudah dipotong hingga 40 meter. Ini juga kawasan wisata dan bisa menuju Solo sepanjang 32 kilometer," ujarnya.

Basuki menambahkan, dengan tembusnya Jalur tol ini maka seluruh Tol Trans Jawa hanya tinggal 32 Kilometer lagi. Dan ini akan dikerjakan pada 2018 nanti untuk ruas ke Solo.

"Sekarang sedang kita kerjakan pengadaan lahannya dan 2018 kita kerjakan, sehingga tol Trans Jawa dari Banten hingga Pasuruan-Probolinggo bisa terhubung," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya