Pemutakhiran BMKG, Gempa Sukabumi Berkekuatan 5,7 SR

Gempa 6,3 SR guncang Sukabumi, Senin, 12 Juni 2017
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id – Hasil pemutakhiran analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi yang melanda wilayah Selatan Jawa Barat, tepatnya di laut pada jarak 179 km arah barat daya Sukabumi, berkekuatan 5,7 skala richter (SR) dengan kedalaman 43 km.

Gempa Sukabumi, 14 Rumah dan 2 Sekolah Rusak

Hal itu dikemukakan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch. Riyadi, dalam keterangan tertulis, Senin, 12 Juni 2017.

Sebelumnya disebutkan, gempa bumi tektonik berkekuatan 6,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah Selatan Jawa Barat itu, Senin, 12 Juni 2017 pukul 06.15.07 WIB. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,36 LS-106,18 BT, tepatnya di laut pada jarak 179 km arah barat daya Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 km. 

Dipicu Benioff, Guncangan Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Lampung

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat menunjukkan, di Bogor, Sukabumi, Pengalengan, Pelabuhan Ratu dan Lebak mengalami guncangan pada skala intensitas II SIG BMKG (III MMI), yang artinya guncangan gempabumi ini dirasakan oleh banyak orang, tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan. Sedangkan untuk Jakarta, Depok dan Bekasi mengalami guncangan dengan intensitas lebih kecil yaitu I SIG-BMKG (II MMI).

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Sukabumi Diguncang Gempa, Getaran Terasa Sampai Depok dan Bogor

Laporan BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 4,7, mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis pagi, 14 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023