Gempa Sukabumi Guncangannya 5 Detik, Sebagian Warga Panik

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas, BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Sumber :
  • VIVA/Nadlir

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan gempa bumi 5,7 skala richter (SR) yang berlokasi di 179 km barat daya Kota Sukabumi, dirasakan juga di beberapa daerah, Senin, 12 Juni 2017.

Sukabumi Diguncang Gempa, Getaran Terasa Sampai Depok dan Bogor

Dalam keterangan tertulis, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengemukakan, gempa dirasakan cukup kuat di Kota Sukabumi selama 5-6 detik. Sebagian masyarakat ke luar rumah tetapi tidak menimbulkan kepanikan.

Gempa pun dirasakan cukup keras di Kabupaten Sukabumi selama 5 detik. Masyarakat berhamburan ke luar rumah.

Gempa Sukabumi, 14 Rumah dan 2 Sekolah Rusak

Tak hanya Sukabumi, gempa juga dirasakan cukup kuat di Bandung selama 3-5 detik. Meja terasa bergetar. Sebagian masyarakat ke luar rumah. 

Di Kabupaten Bogor, gempa dirasakan cukup keras selama 3-5 detik. Ketika gempa terjadi, sebagian masyarakat pun ke luar rumah.

Dipicu Benioff, Guncangan Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Lampung

Sementara di Jakarta, gempa dirasakan lemah selama 3 detik Jakarta. Masyarakat yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang dan perabotan rumah bergetar.

Gempa juga dirasakan lemah hingga sedang oleh masyarakat di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung.

Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Guncangan gempa hanya dirasakan namun tidak merusak. Umumnya bangunan akan rusak atau roboh jika menerima gempa dirasakan diatas VI MMI.

"BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Masyarakat diimbau tetap tenang," ujar Sutopo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya