Imbauan Kakorlantas ke Pemudik yang Lewati Tol Fungsional

Pembangunan jalan tol Semarang-Batang di Jawa Tengah pada Selasa, 23 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Beberapa ruas jalan tol akan difungsikan dalam mudik Lebaran 2017. Walaupun akan difungsikan, beberapa ruas tol masih belum selesai tahap pembangunannya. Nantinya, ruas jalan tol fungsional ini akan dibuka pada jam tertentu saja.

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Sepanjang jalan Surabaya-Solo, ada beberapa ruas jalan tol fungsional. Jalur tersebut belum selesai dibangun mulai dari belum sepenuhnya diaspal, belum ada lampu penerangan dan tidak adanya rambu-rambu dan marka jalan.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengimbau masyarakat yang akan menggunakan tol fungsional agar berhati-hati.

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

"Imbauannya agar masyarakat hati-hati karena namanya juga fungsional jadi hanya sementara, perlengkapan jalan belum lengkap, marka belum, jalan tidak mulus jadi harus hati-hati karena ini tol sementara," ujar Royke di pos pengamanan mudik di Ngawi, Rabu 14 Juni 2017.

Pantauan VIVA.co.id, memang tol fungsional cukup berisiko jika digunakan. Masih banyak sarana dan prasarana yang belum rampung. Padahal, jalur tersebut rencananya akan digunakan pada 19 Juni mendatang.

Segera Beroperasi, Tol Japek II Digratiskan Sampai Awal 2020

Jalan masih ada yang belum teraspal, pinggir tol yang belum ada pengamanan, jalan yang berdebu hingga jembatan penyebrangan untuk warga pun belum selesai dibangun.

Meskipun begitu, ruas tol fungsional diklaim akan mengurai kemacetan jika nantinya jalur nasional terjadi kepadatan. Guna mengantisipasi kecelakaan, polisi pun sudah menyiagakan ribuan personel. Tol fungsional juga nantinya hanya bisa digunakan pada pagi hingga sore hari.
 

Gerbang Tol Jatikarya 2, ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 memiliki panjang 2,75 kilometer yang hubungkan akses jalan Cibubur ke Tol Jagorawi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2020