Jasa Marga Prediksi Kepadatan Tol Purbaleunyi di H+1 Lebaran

Mantan General Manajer Jasa Marga Tol Purbaleunyi, Setia Budi.
Sumber :
  • VIVA/Suparman

VIVA.co.id – General Manajer Jasa Marga Tol Purwakarta Bandung Cileunyi (Purbaleunyi), Setia Budi, memprediksi kepadatan arus mudik lebaran Idul Fitri 2017 terjadi pada H+1 atau Senin 26 Juni 2017.

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

Menurutnya, jalur Purbaleunyi pada saat lebaran menjadi jalur silaturahmi yang mencakup Gerbang Tol Sadang Jatiluhur Kabupaten Purwakarta sampai dengan gerbang tol Cileunyi Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Contohnya, yang normalnya itu 30 ribu per hari, di arus Silaturahmi ini mencapai 42 ribu kendaraan. Sedangkan untuk arus mudik di sekitar 40 ribu, jadi tertingginya di H+1," kata Setia Budi usai di kantor Jasamarga Purbaleunyi, Bandung, Kamis 15 Juni 2017.

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

Untuk memangkas kepadatan kendaraan, pihaknya memaksimalkan gerbang tol Sadang yang sebelumnya hanya memfungsikan empat gerbang, kini hanya memaksimalkan lima gerbang tol.

"Yang pertama, gerbang-gerbang yang biasa mengalami antrean, gerbang tol Sadang Jatiluhur, kita harus siap. Di Tol Purbaleunyi ini yang terpenting itu adalah arus silaturahmi," ujarnya.

Menteri Muhadjir Blak-blakan soal Tol Gratis dan Diskon saat Mudik Lebaran

Dari potensi kepadatan kendaraan di jalur tol, Jasa Marga memprediksi akan mengalami pertumbuhan volume kendaraan pada jalur entrance (masuk) di tol Purbaleunyi.

"Untuk tahun ini, untuk exit tumbuhnya dua persen dan untuk entrance (gerbang masuk) tumbuhnya 2,5 persen dihitung dari H-10 sampai H+10," terang Setia Budi.

Tol Cikupa Tangerang-Merak

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Berbagai persiapan dilakukan operator Jalan Tol Tangerang Merak untuk menyambut 3,5 juta kendaraan yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Jumlah tersebut naik 3,6

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024