Siap-siap Jajal Tol Baru Bawen-Salatiga saat Mudik Lebaran

Survei Terpadu Tol tol Bawen-Salatiga
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Ruas pembangunan jalan tol Semarang-Solo saat ini sedang dalam proses pembangunan. Tol yang dibagi menjadi lima seksi ini sudah ada beberapa yang beroperasi.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Direktur Teknik dan Operasi Trans Marga Jateng (JMT), Ali Zainal Abidin mengatakan, sudah ada dua dari lima seksi yang sudah beroperasi.

"Tol Semarang-Solo ada lima seksi, seksi I Semarang-Ungaran pada tahun 2011 sudah operasi, Seksi II Ungaran-Bawen pada tahun 2014 sudah beroperasi. Lalu Bawen Salatiga seksi III itu fungsional untuk mudik Lebaran," kata Ali di kantor Jasa Marga Semarang, Kamis, 15 Juni 2017.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Untuk dua seksi berikutnya yakni seksi IV Salatiga-Boyolali dan seksi V Boyolali-Kartasuro, saat ini baru pembebasan lahan. "Sudah pembebasan lahan 99 persen. Proses pembangunan baru dilakukan," ujarnya.

Diketahui, tol seksi I Semarang-Ungaran memiliki panjang 10,85 kilometer, Seksi II Ungaran-Bawen panjangnya 11,99 kilometer, seksi III Salatiga-Bawen panjangnya 17,60 kilometer, seksi IV Salatiga-Boyolali panjangnya 24,50 kilometer dan seksi V Boyolalu-Kartasuro panjangnya 7,74 kilometer.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

"Secara keseluruhan, katanya, total panjang tol Semarang-Solo sekitar 72, 64 kilometer," ujarnya.

Untuk harga tiket masuk, saat ini baru dua seksi yang sudah ditetapkan, yakni seksi I Semarang-Ungaran dan seksi II Ungaran-Bawen pada tahun 2014.

"Seksi I tiketnya Rp 7.000, seksi II tiketnya Rp 7.500. Sedangkan seksi III masih fungsional dan belum dikenakan biaya," ucapnya. (adi)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya