Basarnas Siagakan Satu Helikopter di Brexit dan Gringsing

Helikopter baru Basarnas
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiagakan satu unit helikopter untuk mengevakuasi korban pada musim mudik di pintu tol Brebes Timur atau Brexit dan Gringsing, Batang, Jawa Tengah. Dua lokasi itu merupakan titik rawan kemacetan.

Serpihan Pesawat Lion JT 610 Bergeser ke Perairan Subang

"Untuk saat ini kami siapkan heli di sana. Kemudian kami koordinasi terpadu, kalau ada yang sakit diimbau menginformasikan ke call centre tol," kata Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Brigjen (TNI) Ivan Ahmad Riski Titus saat ditemui di jalur tol fungsional Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Kamis 15 Juni 2017.

Mengenai pelaksaan tugas Basarnas, kata dia, akan dioperasikan oleh posko terpadu. Basarnas, lanjut dia, akan mengeksekusi perintah dari aduan call centre langsung menuju korban berada.

Objek Diduga Korban dan KM Sinar Bangun Ditemukan

"Kami ada heli untuk ambulance. Kami simpan di Gringsing," kata dia. 

Selain itu, terang dia, pihaknya pun menyiagakan tim rescue di sejumlah tempat. Antara lain di Tol Cipali KM 102, KM 164, Brebes, dan Gringsing. Dia menjamin, tim rescue sangat berpengalaman dan bisa berikan pertolongan pertama pada korban.

Basarnas Perpanjang Masa Pencarian Korban KM Sinar Bangun

"Itu tim rescue kita lengkap pun punya kemampuan medical. Kemudian untuk kecelakaan lalin, kami bisa pakai alat," katanya.
 

Proses pengangkatan Black Box Lion Air JT610 ke K.R. Baruna Jaya I di Perairan Tanjung, Karawang, Jawa Barat, 1 November 2018.

Kapal Pertamina Cari Sinyal 'Ping' CVR Lion Air JT 610

Pencarian masih terus dilakukan

img_title
VIVA.co.id
1 November 2018