Kapal Pengangkut Mudik Gratis Kandas di Madura

Ilustrasi evakuasi penumpang kapal
Sumber :
  • Satria Lubis/Medan

VIVA.co.id – Kapal laut pengangkut mudik gratis, KM Bahari Express 9C dikabarkan kandas di Perairan Pulau Kalosot, Kepulauan Raas, Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Sabtu sore, 17 Juni 2017. Kapal gagal merapat ke dermaga setempat diduga karena tersangkut batu karang.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Informasi awal yang menyebutkan, KM Bahari Express mengangkut 360 penumpang dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, menuju Kepulauan Raas, Sumenep. Itu bagian dari program mudik Lebaran gratis melalui jalur laut.

Sekira satu mil menjelang pelabuhan yang dituju di Kecamatan Raas, kapal seketika tidak bisa berjalan. Posisi kapal saat berada di dekat Pulau Kalosot, Desa Brakas, Kecamatan Raas. Diduga, kapal terlalu ke kiri sehingga tersangkut batu karang.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Petugas dan nelayan setempat langsung bergerak mengevakuasi penumpang dengan menggunakan perahu kayu, begitu tahu informasi kandasnya kapal tersebut. Proses evakuasi berlangsung hingga Sabtu malam, dan sempat dihentikan karena air laut surut.

Kepala Kepolisian Resor Sumenep, Ajun Komisaris Besar Polisi Joseph Ananta Pinora, membenarkan informasi kandasnya kapal mudik Lebaran itu. Dia mengatakan, 360 penumpang semuanya sudah berhasil dievakuasi ke daratan.

Kapal Pengangkut Belasan Kendaraan Tenggelam di Sungai Kayan Bulungan

"Besok (hari ini) saya rencana ke lokasi. Tetapi ada informasi baru diterima, semua penumpang 360 orang sudah berhasil dievakuasi dan sekarang berada di daratan," kata AKBP Josep dihubungi VIVA.co.id melalui sambungan telepon selulernya.

Basarnas mengevakuasi jenazah korban tenggelamnya kapal

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Tim SAR merilis identitas 6 penumpang kapal yang tewas di Perairan Tanjung Burung, Kabupaten Maluku Utara.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022