Waspada, 28 Titik Jalur Mudik di Sumbar Rawan Longsor

Ilustrasi Anjing pelacak mencari korban longsor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat mencatat sedikitnya 28 titik ruas jalur mudik masuk dalam kategori rawan longsor. Pengendara yang kerap melintasi jalur tersebut diimbau waspada terutama saat cuaca hujan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, ke 28 titik yang rawan longsor tersebut di antaranya berada di daerah Malalak, Padang-Solok, Pesisir Selatan dan Limapuluh Kota. Titik ini merupakan titik yang berpotensi cukup tinggi terjadinya longsor apabila curah hujan tinggi.

"Kita imbau pengendara untuk tetap waspada jika melintas di lokasi yang rawan longsor tersebut," kata Irwan Prayitno, Senin 19 Juni 2017.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Sebagai bentuk antisipasi, lanjut Irwan, pihaknya sudah mengerahkan sejumlah alat berat untuk mengantisipaso jika terjadi bencana longsor. Selain instansi terkait, Pemrov Sumbar juga menggandeng Polri dan TNI.

Sementara, untuk ruas jalur mudik yang belum siap dan masih rusak terdapat di Kabupaten Solok dan Solok Selatan. Saat ini, tengah dalam proses pengerjaan.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Adapun Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara menyebut, pihaknya mengerahkan seluruh potensi BPBD baik yang ada di provinsi maupun di daerah untuk bersiaga menghadapi potensi longsor selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri.

Bahkan agar optimal, BPBD Sumbar akan mengoperasikan posko layanan dan pemantauan lapangan di Pusdalop selama 24 jam non stop dengan sistem piket anggota.

"Kita akan memonitoring kondisi lapangan di Pusdalop selaman 24 jam," ujarnya.

Selain mengimbau untuk waspada, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan ke posko pengamanan terdekat jika menemukan titik longsor. Hal ini agar segera dapat ditangani dan tak terjadi kemacetan panjang.

Tonton ketika VIVA.co.id "menculik" Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat pantau mudik 2017 menggunakan mobil mewah Jaguar XF di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya