Menkes Imbau Pemudik Waspadai Kepulan Debu di Jalur Tol

Jalan Tol Fungsional Brebes hingga Batang Dioperasikan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

VIVA.co.id – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau para pemudik agar waspada terhadap kepulan debu pekat selama perjalanan mudik lebaran. Imbauan ini penting mengingat belum rampungnya pembangunan sejumlah ruas tol fungsional fungsional Trans Jawa.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Hal ini disampaikan Menkes saat meninjau posko kesehatan yang berada di Bandara Internasional Ahmad Yani Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Saya tadi meninjau beberapa ruas tol seperti Brebes-Gringsing Batang, Bawen-Tingkir Salatiga, Solo-Kertosono masih banyak debu karena pembangunan belum selesai," kata Nila, Senin 19 Juni 2017.

Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Mulai 6 April 2024

Untuk itu, dia mengimbau agar para pemudik menggunakan masker dan tidak membuka kaca mobil. "Untuk mengurangi polusi debu bisa diatasi dengan menyiram badan jalan jalur tol tersebut," tuturnya.

Nila juga menambahkan, agar para pemudik untuk memanfaatkan posko kesehatan yang ada di setiap 10 kilometer di jalur mudik wilayah Jawa Tengah.

Irjen Aan Ibaratkan Mudik RI Setara Eksodus Besar-besaran Warga di 5 Negara Eropa Ini

"Saya juga mengimbau masyarakat cukup beristirahat dan minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi," katanya.


Laporan: Syamsul Arifin (Semarang)

Tonton ketika VIVA.co.id "menculik" Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat pantau mudik 2017 menggunakan mobil mewah Jaguar XF di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya