Terduga Teroris di Surabaya Ditangkap Densus Bersarung

Ilustrasi/Densus 88 menangkap terduga teroris.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id - ATM, terduga teroris jaringan Abu Jandal, ditangkap petugas Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri di Tanah Merah II, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, seusai melaksanakan salat dzuhur di Masjid Umar pada Senin, 19 Juni 2017. Polisi yang mengenakan sarung memepet ATM lalu dia diringkus.

5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

Proses penangkapan ATM berlangsung cepat dan disaksikan hanya beberapa warga kampung Tanah Merah II. Salah satu yang mengetahui proses penangkapan ATM ialah Jumaleha. Kepada wartawan dia bercerita, sekira pukul 11.30 WIB, terlihat datang empat polisi berpakaian sipil, salah satunya memakai sarung.

Empat polisi itu diduga tengah menguntit gerak-gerik ATM untuk penangkapan. Saat azan dzuhur terdengar, ATM berangkat ke Masjid Umar yang berjarak sekira 50 meter dari rumah kontrakannya. Dia seperti tidak menyadari tengah diawasi petugas yang menyamar.

5 Perwira Polisi yang Menangani Kasus Bom Sarinah, Ada yang Berujung Masuk Bui

Seusai salat dzuhur, Jumaleha melihat ATM dibawa oleh polisi. Dia lekas-lekas memberitahukan itu kepada tetangga dan istri ATM, Alfiah. Sang istri coba menghubungi suaminya, tetapi telepon genggam ATM ditinggal di rumah. "Istrinya tidak tahu suaminya terlibat apa," katanya.

Budi Slamet, warga lain di Tanah Merah II, mengatakan bahwa ATM tinggal di rumah kontrakan sejak 1,5 tahun lalu bersama istri dan empat anaknya. ATM diketahui sebagai penjual sayur, biasanya berangkat sehabis subuh dan pulang pukul sepuluh pagi. "Kadang (dagangan sayurnya) bisa diutangi," ujarnya.

Polri Ungkap Peran 10 Terduga Teroris yang Ditangkap di Solo Raya

ATM ditangkap Densus 88 karena diduga terlibat dalam jaringan pentolan ISIS asal Indonesia, Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al-Yemeni al-Indonesi. Selain ATM, Densus juga menangkap rekannya satu jaringan di Malang, yakni inisial SM. Keduanya ditahan terpisah dan menjalani pemeriksaan.

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Para terduga teroris itu ditangkap di lokasi berbeda.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024