'Jangan Pernah Usir Anak-anak dari Masjid'

Kegiatan Umat Muslim Beribadah di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Pada suasana bulan Ramadan seperti saat ini, tak heran bila banyak dari umat muslim berbondong-bondong ke masjid. Mereka biasanya menjalankan ibadah salat tarawih.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Di samping orang-orang dewasa, juga tak jarang terlihat anak-anak. Namun, kehadiran mereka di masjid sering kali lebih banyak untuk bermain dibandingkan beribadah. Bagaimana sikap para orang tua dalam menghadapinya?

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mencoba memberikan jawaban. Menurutnya, merupakan suatu hal yang wajar jika anak-anak memanfaatkan momen tersebut untuk bermain misalnya kejar-kejaran ketika orang dewasa melaksanakan ibadah.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

"Jangan pernah usir anak-anak dari masjid. Memang dunia mereka adalah dunia bermain, yang salah kalau kita orang dewasa yang ribut-ribut," kata Danny dalam keterangan tertulisnya, Senin, 19 Juni 2017.

Danny mengajak masyarakat untuk membiasakan anak-anak ke masjid. Meskipun pada akhirnya bukan ibadah tapi bermain. Namun, dia menegaskan itu lebih baik daripada mereka pergi ke tempat lain yang tidak jelas tanpa pengawasan.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

"Ajari mereka perlahan-lahan. Saya sewaktu seumuran mereka juga senang kejar-kejaran di masjid. Namun hal itulah yang membuat kami selalu rindu ke masjid. Niat awal sekadar bermain-main dan perlahan-lahan terbiasa yang akhirnya kita juga akan ikut beribadah dengan khusuk," tutur Danny.

Lebih jauh, dia juga meminta ormas-ormas Islam yang ada di Makassar seperti Front Pembela Islam, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan lainnya mengawal program pemerintah sesuai dengan visi kelembagaan masing- masing.

Salah satunya yaitu program 'Jagai Anak ta' yang menekankan kontrol dan pembinaan yang kuat terhadap generasi muda bangsa ini khususnya anak-anak. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya