Kabur dari Lapas, Mobil Komplotan Napi Tabrak Rumah Warga

Ilustrasi penjara
Sumber :
  • REUTERS/Jose Cabezas

VIVA.co.id – Peristiwa narapidana kabur dari lapas, kembali terjadi. Kali ini, dua narapidana di Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan, berhasil melarikan diri, usai sahur, sekitar pukul 05.30 WIB.

Hasil Autopsi: Napi China Cai Changpan Tewas 12 Jam Sebelum Ditemukan

Pelarian dua napi itu dibantu empat orang rekannya yang sudah menunggu di luar lapas tersebut. Kaburnya dua napi ini dilakukan usai sahur dan menggunakan satu unit mobil Toyota Avanza BL 935 AZ.

Keempat orang rekannya, diduga sudah menunggu di balik tembok besar Lapas. Setelah berhasil kedua napi meloncat tembok besar itu, mereka melarikan diri menggunakan mobil tersebut.

Kapolda Metro: Cai Changpan Gantung Diri karena Terdesak

"Iya benar, ada dua napi mencoba melarikan diri. Saya belum dapat datanya secara detail identitas warga binaan itu dan empat orang rekannya," kata Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Josua Ginting kepada VIVA.co.id, Selasa pagi, 20 Juni 2017.

Aksi pelarian itu, dipergoki oleh warga sekitar di jalan Lembaga Pemasyarakatan, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara. Diduga panik, karena aksi pelariannya diketahui warga sekitar, rekan napi yang menjadi supir karena buru-buru, akhirnya menabrak tiga rumah warga sekitar.

Kapolda Pastikan Napi asal China Cai Changpan Tewas Gantung Diri

Akibatnya, enam orang di dalam mobil itu terluka dan keadaannya kritis. Atas kejadian itu, warga langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak Kepolisian. Kemudian, seluruh korban dilarikan rumah sakit Bhayangkara Medan.

"Saat ini, kita masih melakukan kordinasi dengan pihak Kepolisian atas kejadian dua warga binaan yang melarikan diri dan dibantu oleh rekannya," tutur Josua. (asp)

Ilustrasi Penjara

Jebol Plafon, 8 Napi Narkoba Polres Serdang Bedagai Kabur

Delapan napi kabur setelah ada laporan dari tahanan lain. Sebagian di antaranya akan hidup udara bebas.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2020