Terlelap dalam Bus ke Masjidil Haram, Menag: Terasa Nikmat

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Agama

VIVA.co.id – Jam menunjukkan pukul 23.00 waktu Arab Saudi, saat Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tiba di Wisma Haji Indonesia yang berlokasi di kawasan Aziziyah. Menag beristirahat sejenak, karena baru tiba dari Madinah.

Jemaah Haji Gugat Kemenag ke Pengadilan, Protes 9 Kali Tak Diberi Makan di Tanah Suci

Perjalanan sekitar empat jam itu ditempuh Menag dengan mengenakan kain ihram, setelah mengambil miqat di Bir Ali Madinah. Beristirahat sejenak, Menag mengambil wudu untuk kemudian berangkat ke Masjidil Haram untuk menjalani umrah.

Kota Mekah al Mukaramah, selalu dipadati jemaah umrah setiap bulan Ramadan. Kepadatan memuncak pada 10 hari terakhir. Karenanya, akses jalan menuju ke Baitullah juga dibatasi. Jemaah bisa menggunakan sarana transportasi bus yang tersedia untuk mengantar mereka ke Masjidil Haram.

Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa Terkait Haji dan Gratifikasi

Menag berangkat ke Masjidil Haram dari terminal Jamarat, terminal terdekat dari Wisma Haji Indonesia di Makkah. Saat itu, jam menunjukkan pukul 23.30 waktu Arab Saudi, ketika Menag ikut berdesakan memasuki bus dengan jemaah lainnya.

Kursi ternyata sudah penuh hingga Menag berdiri dengan jemaah lainnya. Tangan kirinya memegang erat tali pegangan bus. Selang beberapa menit, lelah mendera, kantuk menyergap. Mata Menag terpejam beberapa saat dalam ayunan gerak perjalanan bus.

Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Menag: Ini Keberhasilan Semua Pihak

Sepuluh menit kemudian, bus sudah sampai di Terminal Bab Ali. Menag bersama jemaah menghambur keluar, berjalan menuju Baitullah yang berjarak sekira 300 meter.

“Tadi saya sempat memejamkan mata di bus, dan itu bagi saya terasa lebih nikmat,” ujar Menag sembari berjalan menuju Masjidil Haram, Makkah, Senin 19 Juni 2017.

Menag bertolak ke Arab Saudi pada 17 Juni 2017. Menag dijadwalkan akan berada di Tanah Suci hingga 22 Juni mendatang.

Selama di Mekah, ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Menag, antara lain rapat koordinasi persiapan haji di Daker Mekkah, meninjau kesiapan pemondokan, katering, dan simulasi salawat, serta meninjau kesiapan Armina. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya