1,5 Juta Kendaraan Sudah ke Luar dari Jakarta

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Memasuki H-4 Hari Raya Idul Fitri, jumlah kendaraan yang ke luar dari Jakarta dan melintas di Tol Cikampek semakin ramai. Bahkan, menurut Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, saat ini terjadi peningkatan volume kendaraan di tol tersebut.

Perbaikan Tol Trans Sumatera Rampung, KSP: Mudik Lebaran jadi Nyaman

"Meningkat berangsur-angsur sejak Sabtu, khususnya kendaraan kecil golongan 1 di Tol Cikampek dan di Gate Cikarang Utama," kata Royke di Komplek Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Juni 2017

Terhitung sejak Sabtu 17 Juni 2017 kemarin, sudah ada sebanyak 1,5 juta kendaraan roda empat yang ke luar melewati lajur tersebut. Jika dipersentasekan, terjadi peningkatan kendaraan itu dimulai dari 30 persen dan terus bertambah. "Hari Sabtu naik 30 persen, Minggu naik 35 persen, Senin naik 46 persen," ujarnya

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

Selain Tol Cikampek dan Cikarang Utama, beberapa jalur juga masih menjadi pilihan sebagai perlintasan mudik tahun 2017 ini. Salah satunya Jalur Pantura.

"Pantura dipredikisi masih primadona, sekitar 60 persen, 40 persen Purbaleunyi, Nagrek, Cilacap, Purwokerto, dan seterusnya," ujarnya.

Mudik ke Solo, Jokowi Peringati Gibran Setahun Jadi Wali Kota Solo?
Pemudik. Foto: dokumen pribadi

Mudik di Desa Penari

Mudik dan urbanisasi menjadi bagian dari rangkaian lebaran. Keduanya mempunyai dampak yang tak terelakan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2022