Puncak Mudik, Kapolri Minta Polisi All Out di Jateng

Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau arus mudik di tol Brebes-Gringsing
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnvian meminta jajaran Polda Jawa Tengah untuk all out melayani pemudik pada puncak arus mudik Lebaran malam ini, Jumat, 23 Juni 2017. Sebab, dari awal Jawa Tengah menjadi fokus polisi menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2017.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

"Kepada jajaran Polda Jateng, untuk betul-betul all out untuk malam ini, kita bantu masyarakat," kata Tito saat meninjau langsung arus mudik di tol darurat Brebes-Gringsing, Jumat malam.

Tito berkeyakinan mudik tahun ini relatif lancar dibandingkan tahun lalu. Di mana horor kemacetan panjang di pintu tol Brebes Timur atau Brexit dipastikan tak akan terulang. 

Sukses di Mudik Lebaran, Menhub Beri Penghargaan Kakorlantas

"Kita lihat tadi dari Kaligangsa sampai ke Gringsing ini dengan kecepatan 40 km persen jam relatif bagus. Dan yang jelas peristiwa Brexit itu tidak ada lagi, " kata Tito.

Dalam pengamatannya bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, ruas Brexit dipastikan aman dari kemacetan. Sebab, sebagian besar kendaraan dari Jakarta-tol Cipali memilih arah jalur fungsional.

Kecelakaan Mudik Turun Buat Keuangan Jasa Raharja Aman

Usai memantau tol Brebes dan Tegal, Kapolri bersama rombongan melanjutkan pantauan jalur tol darurat ke Gringsing Batang via udara menggunakan helikopter. Ia lalu melakukan koordinasi bersama jajaran terkait di Pos Terpadu Exit Tol Gringsing.

Sementara Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menambahkan, terkait kepadatan di wilayah Pantura Kendal dan Semarang, pihaknya memberlakukan sistem contra flow. Cara itu dilakukan mengingat kawasan tersebut menjadi titik kemacetan baru kendaraan pemudik yang menuju ke Solo maupun Yogyakarta via tol Semarang-Solo.

"Maka dari itu Kapolres Kendal, Kapolres Batang dan Kapolrestabes Semarang ini harus koordinasi terus," ujar Condro. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya