Kemenhub: Pemudik Pakai Pesawat Meningkat, Kapal Laut Turun

Ilustrasi mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa pemudik tahun ini yang menggunakan moda transportasi laut mengalami penurunan dibandingkan Lebaran tahun lalu. Penurunan ini karena pemudik disimpulkan lebih memilih menggunakan pesawat dengan alasan lebih cepat sampai tujuan.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Hal ini disampaikan Direktur Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Kemenhub, Bintang Hidayat saat ditemui di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2017. Mengacu data di Posko Mudik Kemenhub sampai H-1, angka pemudik dengan transportasi laut menurun.

“Kalau melihat data saat ini, kami perkirakan turun di H-1,” kata Bintang Hidayat.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Bintang menjelaskan, total pemudik yang menggunakan moda transportasi angkutan laut sejak H-15 sampai dengan H-1 mencapai 1.370.999 penumpang. Angka ini menurun 6,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dia menduga waktu perjalanan yang relatif lebih lama, menjadi alasan tersendiri pemudik memilih transportasi lain.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Menurutnya, pemudik cenderung lebih memilih moda transportasi angkutan udara jelang hari raya Lebaran. Alasannya karena lebih efektif dan efisien dari sisi waktu perjalanan. Dengan menggunakan transportasi udara, maka waktu tempuh perjalanan pemudik akan jauh lebih singkat.

“Ada kecenderungan naik kalau transportasi udara. Ini artinya, tingkat keekonomian memengaruhi, dan ekonominya semakin membaik,” katanya.

Berdasarkan catatan Kemenhub, total keberangkatan penumpang yang menggunakan moda transportasi udara sejak H-15 sampai dengan H-1, mencapai 2.506.874 penumpang, atau tumbuh 0,45 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, yang hanya mencapai 2.495.711 penumpang.

Sementara itu, dari total kedatangan penumpang yang menggunakan moda transportasi udara sejak H-15 sampai dengan H-1, mencapai 2.493.764 penumpang, atau minus 0,93 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang menembus 2.493.764 penumpang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya