Lima Rest Area Sumber Kemacetan Arus Balik ke Jakarta

Ilustrasi Rest Area.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Arus balik lebaran sudah mulai tampak di beberapa daerah mulai hari ini, Kamis 29 Juni 2017. Salah satu yang menjadi perhatian petugas yakni rest area di ruas jalan tol.

Menurut Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin, rest area menjadi salah satu titik kemacetan pada arus balik. Untuk itu polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi hal tersebut.

Intip Keunggulan Rest Area Modern 4.0 Milik Tommy Soeharto

"Ruas tol Cipali cukup lancar namun hambatannya hanya di rest area. Banyak kendaraan memakan jalur hingga dua jalur sehingga membuat kemacetan," kata Benyamin kepada VIVA.co.id, Kamis 29 Juni 2017.

Untuk itu, ia pun akan melakukan antisipasi seperti buka tutup rest area dan imbauan agar masyarakat bergantian menggunakan rest area. "Kita lakukan buka tutup," ujarnya.

Pertama di RI, Tommy Soeharto Launching Rest Area 4.0 di Karawang

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, mengatakan, akan bekerja sama dengan kepolisian guna memberlakukan buka tutup rest area. Dalam catatannya, ada sejumlah rest area yang berpotensi menjadi penyebab kemacetan di ruas tol Cikampek.

"Ada lima rest area di tol Cikampek arah Jakarta yakni KM 71, 62, 52, 42, 33," kata Heru.

PUPR: 1.409 UMKM Tercatat Jualan di Rest Area Jalan Tol RI

Menurutnya, buka tutup rest area bersifat situasional dengan melihat volume kendaraan. "Jika padat kami tutup dan akan dibuka jika arus kendaraan sudah cukup lancar," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau para pengguna jalan agar mempersiapkan perbekalan makanan dan BBM sebelum memasuki ruas tol.

Selain rekayasa tersebut, pihak kepolisian juga akan memberlakukan contra flow di sejumlah titik jika ada kepadatan kendaraan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya