Kapolri: Macet Horor Brexit Tak Ada, Titik Kritis di Nagreg

Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau arus balik mudik Lebaran 2017
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan kejadian macet parah yang pernah terjadi saat arus mudik di gerbang tol Brebes Timur atau Brexit tak terjadi di Lebaran tahun ini. Salah satunya kemacetan diurai dengan keberadaan jalur tol fungsional seperti Brebes-Gringsing.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Menurut Tito, justru titik kritis macet parah mudik tahun ini ada di jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung dan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

"Tahun lalu permasalahan utama ada di Brexit. Dengan adanya jalur fungsional Brebes-Gringsing dan empat flyover yang dibangun, sehingga tidak mengganggu. Alhamdulillah arus mudik lancar semua," kata Tito di Posko arus balik Lebaran Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat 30 Juni 2017.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Dia menambahkan, arus mudik maupun balik di jalur Nagreg menjadi evaluasi bersama. Permasalahan kontur jalan yang berkelok dan naik turun menjadi catatan. 

"Untuk Nagreg ini memang ada permasalahan topografi yang berkelok naik turun. Nah, sekarang memang belum ada perbaikan infrastruktur signifikan seperti Brexit. Artinya tahun ini kita tangani yang lebih banyak manualnya," tutur mantan kapolda Metro Jaya itu.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

Tito menjelaskan, penanganan arus mudik di jalur selatan hingga saat ini terus diupayakan dengan pengerahan petugas kepolisian untuk mengurai kepadatan pada titik rawan.

"Di sana ada pasar (tumpah) serta restoran dan masyarakat selfi di lingkar Nagreg. Jalur selatan sekarang memang lebih bagus dari tahun lalu, tapi memang titik kritis ada di Nagreg," tuturnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021