Menkes Sebut Angka Kematian Saat Mudik Turun Drastis

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau sejumlah titik di wilayah Jawa Barat pada arus balik Lebaran, Jumat 30 Juni 2017. Dari laporan yang dia terima, angka kematian pada arus mudik di beberapa wilayah menurun dengan angka yang cukup signifikan.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Tadi sudah beberapa titik dilaporkan angka kematian lalu lintas turun. Tadi di daerah Nagreg turun 69 persen. Tahun lalu ada 42 kasus kematian lalu lintas di daerah Jabar dan turun sampai 9 kasus," kata Nila di gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat 30 Juni 2017.

Menurut Nila, menurunnya angka kematian pada arus mudik 2017 adalah hasil koordinasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Jadi jelas, dengan koordinasi yang baik, saya kira tentu juga dari masyarakat sendiri, seperti kapolri katakan, harus mengecek kendaraan, kemudian pengemudi prima kesehatannya dan tidak meminum obat buat kantuk, menyediakan makanan cukup dan isi bensin cukup," kata Nila.

Tak lupa, ia juga meminta media mengumumkan dan menyosialisasikan imbauan pemerintah kepada masyarakat perihal informasi arus mudik agar diperhatikan masyarakat.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Saya kira kalau kerja sama ini baik, angkanya turun. Jadi saya kira koordinasi ini juga baik, media mengumumkan dan sosialisasi, dari masyarakat serta pemerintah harus kerja sama baik," katanya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021