Sabtu dan Minggu, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak

Pemudik di Dermaga I Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – PT ASDP Ferry Indonesia mengoperasikan 36 kapal Roll On Roll Off, di mana 24 di antaranya kapal berukuran besar. Pengerahan kapal tersebut guna mengantisipasi lonjakan pemudik saat puncak arus balik.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Jadi dari aspek sisi laut sudah optimal. Harus diimbangi dari sisi daratnya. Arus balik prioritasnya dari Bakau, Merak menyesuaikan. Bakau lepas, otomatis Merak lepas. Sehingga tidak terjadi kapal mengantre di perairan," kata Dirut PT ASDP Ferry Indonesia, Faik Fahmi, Sabtu dinihari, 1 Juli 2017.

Faik menjelaskan, proses bongkar muat pun dipersingkat, dari waktu normal selama satu jam atau lebih lalu akan dipercepat menjadi 45 menit saja.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Perlu kita antisipasi adalah faktor cuaca, safety jadi prioritas utama kita. Mudah-mudahan sesuai dengan yang kita harapkan," kata dia.

Guna mengurangi antrean saat puncak arus balik di sekitar pelabuhan Bakauheni maupun Merak, yang diprediksi terjadi pada hari ini, Sabtu-Minggu 1-2 Juli 2017, pihaknya mengimbau agar pemudik membeli tiket di buffer Zone atau loket pembelian tiket di luar pelabuhan.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Kita perkirakan hari Sabtu dan Mingggu akan mejadi puncak dari Bakau ke Merak. Masih ada 65 persen (pemudik). Apakah akan datang dalam dua hari ini atau menyebar. Mudah-mudahan menyebar sehingga tidak ada kepadatan seperti H-3," kata dia. (one)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021