Presiden Anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada KSAU

Kapolri anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada KSAU
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 5 Juli 2017.

Menyandang Jenderal Kehormatan, Ini Deretan Bintang Jasa Prabowo dari Panglima TNI dan Kepala Staf

Penganugerahan bintang tertinggi di Kepolisian ini merupakan bentuk penghargaan dari Presiden Republik Indonesia yang dituangkan dalam surat Keputusan Presiden Nomor 55/TK/TAHUN 2017 tanggal 9 Juli 2017 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama.

"Ini di jajaran Polri bintang tertinggi yang merupakan kewenangan Presiden. Tapi bapak Presiden mendelegasikan ke Kapolri untuk menyerahkannya kepada Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," kata Jenderal Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Jokowi Anugerahi Presiden FIFA Bintang Jasa Pratama, Ini Alasannya

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme  (BNPT) ini mengatakan, penganugerahan tanda kehormatan ini merupakan bentuk penghargaan Presiden dan Polri atas jasa KSAU dan TNI Angkatan Udara saat ini, maupun kerja sama Polri dan TNI AU ke depannya

Tito menjelaskan, banyak sekali kerja sama yang dilakukan antara Polri dan TNI AU. Seperti operasi di laut, udara. Selain itu, TNI AU dan Polri saling membantu dalam operasi kemanusiaan maupun bencana alam serta dalam membantu mengangkut personel Kepolisian.

Pemerintah Berikan Bintang Jasa pada Presiden FIFA Gianni Infantino

"Kemudian yang lain, Polri juga memiliki Kepolisian Udara, selama ini banyak juga instruktur dari Angkatan Udara. Banyak juga yang belajar dan pelatihnya juga dari Angkatan Udara. Dengan penganugerahan ini tentu dari jajaran Polri sangat baik dengan jajaran TNI AU, nantinya di bawah Bapak Marsekal Hadi Tjahjanto hubungan semakin erat," ucapnya.

Terkait penganugerahan itu, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama merupakan bentuk penghargaan Kepolisian kepada TNI Angkatan Udara. Menurut Hadi, penganugerahan ini juga sebagai salah bentuk soliditas yang tinggi antara TNI AU  dengan Kepolisian Republik Indonesia.

"Diberikan kepada pimpinan Angkatan Udara otomatis diberikan kepada seluruh prajurit Angkatan Udara sehingga jajaran dari atas sampai kebawah memiliki pemikiran yang sama untuk mendukung kemajuan Kepolisian Republik Indonesia," ujar Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan itu, mantan Sekretaris Militer Presiden Joko Widodo itu mengajak sejumlah pejabat utama di jajaran TNI AU untuk ikut hadir dalam acara itu. "Sehingga implementasi dari pemberian Bintang Bhayangkara Utama bisa tersebar ke seluruh jajaran, sehingga soliditas yang selama ini dibangun bisa ditingkatkan lagi mulai dari pucuk pimpinan sampai ke satuan paling bawah," kata dia.

Selain KSAU, acara penganugerahan bintang kehormatan tertinggi Polri itu juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan sejumlah pejabat tinggi Kepolisian. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya