Polri dan TNI Hapus Logo ISIS di Rumah Terduga Teroris Medan

Aparat keamanan dan pemerintah setempat menghapus logo ISIS di rumah seorang terduga teroris di Medan, Sumatera Utara, pada Rabu, 5 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id - Aparat Polri bersama TNI hari ini mendatangi rumah Syawaludin Pakpahan, terduga teroris penyerang Markas Polda Sumatera Utara di Medan. Di sana, aparat menghapus logo kelompok teroris Daulah  Islamiyah Irak dan al-Syam (ISIS) yang terpampang di dinding depan rumah Syawaludin di Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

Geng Bersenjata di Ekuador Tembak Mati 7 Warga yang Main Voli

Logo ISIS dengan tulisan Arab lafaz La ilaha illah Allah dan latar belakang berwarna hitam itu hasil lukisan tangan dari cat. Aparat menutupi logo itu dengan cat berwarna hijau, menyesuaikan warna dasar dindingnya. Pengecatan itu disaksikan Hary Isnaini, Kepala Lingkungan XVIII.

"[Gambar bendera] itu kan tidak sesuai dengan kita sehari-hari di sini. Kita khawatir ini bisa mengontaminsasi masyarakat. Makanya kita hapus," kata Hary.

2 Polisi Gugur Ditembak KKB di Paniai, Senpi AK-47 Dicuri

Warga setempat pun mendukung upaya itu. Bahkan, menurut Hary, keluarga Syawaludin tak keberatan. "Keluarganya yang tinggal di rumah ini pun tidak menolak. Ini untuk kebaikan bersama," ujarnya.

Polisi sebenarnya sudah berulang kali memperingatkan Syawaludin tentang logo yang diketahui sudah ada sejak tahun 2013 itu. Namun Syawaludin tak menghiraukan peringatan aparat.

Soal Penyerangan Polres Jayawijaya oleh Oknum Anggota TNI, Begini Respons Polri

"Dahulu bentuknya bendera yang dipasang. Sempat dicopot atas permintaan Polmas di sini. Tapi belakangan dipasang lagi dalam bentuk gambar. Kita juga sudah minta hapus tapi yang bersangkutan mengaku gambar itu hanya untuk kenang-kenangan," kata Ajun Komisaris Besar Polisi MP Nainggolan, Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat dari Bidang Humas Polda Sumatera Utara. (ren)

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno

Tangkap Anggota KKB, Pos Satgas Operasi Damai Cartenz di Intan Jaya Papua Ditembaki

Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz mengamankan satu orang jaringan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atas nama Bui Wonda alias Bossman Wenda.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024