Kehebatan Kapal Perang TNI AL Buatan Anak Bangsa

Kapal baru milik TNI AL buatan Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id / Yunisa Herawati

VIVA.co.id – TNI Angkatan Laut meresmikan kapal perang berjenis PC-40 yang diberi nama KRI Kurau-856 di Dermaga Sunda Kelapa, Batavia Marina, Jakarta Utara, Kamis, 6 Juli 2017.

TNI AL Kirim Kapal Perang Latihan Bareng Inggris dan Amerika di India

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi, mengatakan pembangunan kapal PC-40 ini merupakan manifestasi penting dari kebijakan dasar pembangunan TNI AL menuju kekuatan pokok minimum yang telah ditetapkan.

"Sekaligus juga salah satu solusi konkret bagi komite kebijakan industri pertahanan dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain dalam hal pengadaan alutsista TNI AL ke depan," kata Ade saat peresmian.

Prabowo ke DPR, Bahas Rencana Penjualan 2 Kapal Perang TNI AL

KRI Kurau 856 adalah pengadaan kapal patroli cepat 40 meter ke-16 dari rencana pemenuhan sebanyak 42 unit untuk diproyeksikan ke-14 Lantamal TNI AL.

"Nama Kurau diambil dari nama ikan berukuran sedang yang hidup berkoloni di perairan jernih dan punya kemampuan berenang di laut bergelombang. Yang punya makna kapal patroli ini mampu bermanuver secara cepat," Ade menjelaskan.

Kapal Perang TNI AL Selamatkan Nyawa Nelayan Hanyut di Perairan Natuna

Diketahui, alutsista baru milik TNI AL ini merupakan buatan anak bangsa yang diproduksi oleh PT Caputra Mitra Sejati Banten. Kapal ini akan segera bergabung dengan jajaran armada TNI AL di bawah Satuan Patroli Komando Armada RI Kawasan Barat.

Kapal tersebut memiliki mesin utama tiga kali 1800 Hp dengan putaran mesin 2300 rpm serta kecepatan maksimum mencapai 24 knot. Adapun kecepatan daya jelajahnya mencapai 18 knot dengan daya jangkau 1632 nautical mile atau setara 3.022 kilometer.

Kapal ini memiliki bobot sekitar 200 ton yang mampu memuat kapasitas bahan bakar hingga 70 ribu liter. KRI Kurau 856 memiliki panjang sekitar 44,95 meter dengan lebar 7,90 meter dan tinggi tengah kapal sekitar 4,25 meter. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya