36 Ribu Calon Jemaah Haji Jatim Siap Diberangkatkan

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji mengecek paspor calon haji
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Musim haji segera tiba. Di Jawa Timur, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi setempat telah merampungkan 94 persen verifikasi dan validasi dokumen perjalanan paspor para jemaah calon haji. Sebanyak 36.640 calon haji asal Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara Timur nantinya siap diberangkatkan ke Tanah Suci.

Ini Layanan Akomodasi Jemaah Haji di Arab Saudi

Kemarin, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim, Syamsul Bahri, mengukuhkan ratusan PPIH seluruh Jatim yang akan mengurusi pemberangkatan hingga pemulangan jemaah. Dia menjelaskan, total jumlah calon haji Embarkasi Surabaya sebanyak 36.640 orang. Rinciannya, 35.270 orang asal Jatim, 700 orang dari Bali, dan 670 orang dari NTT.

Menurut Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jatim, Ahmad Faridul Ilmi, PPIH telah merampungkan verifikasi dan validasi 33.710 paspor calon haji Embarkasi Surabaya. Sementara itu, sisanya, 1.560 paspor, tengah diproses di daerah.

Penting Dicatat, Ini Call Center Darurat Bagi Jemaah Haji

Paspor yang sudah terverifikasi dikirim ke Jakarta untuk diuruskan visa. “Paspor sudah selesai 94 persen,” kata Farid dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 7 Juli 2017. Dia menambahkan, untuk sisa paspor yang belum diverifikasi segera diterima dari daerah.

Farid memaparkan, pemberangkatan calon haji Embarkasi Surabaya terbagi jadi 83 kelompok terbang. Calon haji kloter pertama berasal dari Kediri dan dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Surabaya di Kecamatan Sukolilo, Surabaya, pada 27 Juli 2017.

Kemenag Fokus Selesaikan Dokumen Jemaah Haji

Esoknya, Rabu 28 Juli 2017, calon haji kloter pertama akan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya. “Pesawatnya menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines, jenis Boeing 747-400,” ujar Farid. Pemberangkatan calon haji dilaksanakan hingga 26 Agustus 2017.

Jemaah calon haji Indonesia sudah memadati Madinah (Foto: Dok TIMES Indonesia)

Alas Kaki Penting Selama di Madinah, Ini Alasannya

Jamaah haji diingatkan beberapa hal penting terkait sandal.

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2019