Tiga Lokasi Sasaran Bom Panci yang Meledak di Bandung

Bom panci meledak di rumah kontrakan di Kampung Kubang Bereum, Bandung.
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Ledakan yang diduga kuat dari bom panci terjadi di rumah kontrakan yang dihuni Agus Wiguna di Kampung  Kubang Bereum RT 7, RW 11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat.

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

Dari pemeriksaan awal, Agus Wiguna dipastikan telah merencanakan aksi teror di beberapa lokasi keramaian dan tempat beribadah di Kota Bandung.

Rencana aksi teror Agus Wiguna ini terungkap setelah bom yang telah dia rakit meledak. Kejadian ini semula diketahui oleh seorang saksi bernama Ridwan.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

"Saksi mendengar adanya suara ledakan disertai api di lokasi kejadian. Kemudian saksi menghubungi polisi," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo, Sabtu malam, 18 Juli 2017.

Dari laporan Ridwan, tim Polrestabes Bandung dan jajaran kemudian langsung meluncur ke lokasi. Dari pemeriksaan, ditemukan panci berisi paku dan rangkaian bom yang sudah meledak.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

"Saat ini identifikasi masih dilakukan di lokasi," katanya.

Dengan cepat tim kemudian menangkap Agus Wiguna. Pemeriksaan langsung dilakukan dan diakui pelaku bahwa bom tersebut sudah dirakit sejak 1 Juni 2017.

"Membuat bom melihat dari internet dengan menggunakan Google  Jabaluhud," katanya.

Bom rencananya akan diledakkan di Cafe Bali Jalan Braga, Rumah Makan Celengan di Astana Anyar dan sebuah Gereja di Buah Batu.

"Alasan ingin meledakkan bom untuk jihad perangi mereka bukan orang-orang Islam. Masih dilakukan pengembangan Polrestabes Bandung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya