Pilgub Jatim, Bupati Ngawi Ajukan Diri Dampingi Gus Ipul

Bupati Ngawi, Budi 'Kanang' Sulistyono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Bupati Ngawi, Budi ‘Kanang’ Sulistyono, mengajukan diri untuk menjadi pendamping Saifullah Yusuf alias Gus Ipul pada pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Kader PDIP ini tertarik mendampingi Gus Ipul agar dapat mengabdi kepada masyarakat yang lebih luas.

Doa Arumi Bachsin untuk Suami Jika Jadi Wagub Jatim

Hal itu disampaikan Kanang kepada wartawan saat mengembalikan formulir pendaftaran bakal cagub-cawagub di kantor PDIP Jatim, Jalan Kendangsari Surabaya, Jawa Timur, Senin, 10 Juli 2017. Di kantor Partai Banteng itu, ia diantar sejumlah kerabat dan pendukungnya.

"Ini adalah ikhtiar saya untuk mengabdi di tempat yang lebih luas," kata Kanang.

Strategi Senyap Ala Golkar Menangkan Khofifah-Emil Dardak

Kanang optimistis bisa berduet dengan Gus Ipul, yang bakal diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai bakal calon gubernur. Jika itu terealisasi, lanjut dia, maka koalisi ijo-abang (hijau-merah) akan tercapai. Menurutnya, itu mewakili karakteristik Jatim yang religius-nasionalis.

Selain soal itu, dia juga mengaku bisa mewakili masyarakat Matraman (Ngawi, Madiun, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo), jika nanti berduet dengan Gus Ipul. Selama dua periode, Gubernur Soekarwo lah yang mewakili kawasan tersebut. "Pasangan Gus Ipul-Kanang saya rasa ideal," kata Kanang.

Spanduk Kampanye Khofifah-Emil Dardak Bikin Ngakak

Sebelum Kanang, tiga nama telah mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal cawagub ke kantor PDIP Jatim. Ketiganya adalah Ketua PDIP Jatim, Kusnadi, Ketua Banteng Muda Indonesia, Suhandoyo, dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Gus Ipul sebagai bakal cagub juga sudah mengembalikan formulir PDIP.

Di bagian lain, Partai Demokrat Jatim dijadwalkan membuka pendaftaran bakal cagub-cawagub mulai Rabu, 12 Juli 2017. Gus Ipul sudah mendaftar ke Demokrat sebulan lalu, 1 Juni 2017, sebelum pendaftaran resmi dibuka. Waktu itu, PKB memperkenalkan Gus Ipul ke Demokrat.

"Ketika Gus Ipul mendaftar pada kami pada tanggal 1 Juni lalu, kami juga sudah memberitahu kepada beliau bahwa pendaftaran secara resmi akan kami buka setelah persyaratan selesai dibahas di internal. Meski begitu, pendaftaran Gus Ipul tetap sah," kata Sekretaris Demokrat Jatim, Renville Antonio.

Suasana politik di Jatim kian memanas menjelang Pilgub Jatim 2018. Sementara ini, baru Gus Ipul dan mantan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti, yang terang-terangan menyatakan siap maju. Baru Gus Ipul yang sudah mendapatkan tiket dari PKB. Sementara Khofifah hingga kini belum menentukan sikap, meski banyak yang menggadang-gadang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya