Ketika Jokowi Tinjau Calon Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo, Kamis 13 Juli 2017, berada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kota itu secara resmi menawarkan diri sebagai Ibu Kota negara yang baru, menggantikan Jakarta. [Baca: Alasan Balikpapan Ajukan Diri Jadi Ibu Kota RI]

Tun Seri HM Ali Rustam Akan Lantik Walkot Balikpapan Jadi Ketua DMDI Kaltim

Presiden Jokowi berada di Balikpapan, dalam rangkaian kunjungan kerja ke beberapa daerah sebelumnya, yakni Sumba, NTT, dan Makassar, Sulawesi Selatan. Presiden bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim menuju Sultan Hasanuddin menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Dalam siaran pers Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi akan menuju Balikpapan International Convention Center untuk menyerahkan serifikat hak atas tanah program strategis nasional.

Dubes Sebut Perusahaan Malaysia Harus Investasi di IKN

Siang nanti, Presiden Jokowi akan meninjau perumahan di Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur. Perumahan ini merupakan bagian dari program sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebelum kembali ke Jakarta pada sore hari ini, Jokowi akan meninjau Jalan Tol Balikpapan - Samarinda di kawasan Kecamatan Balikapapan Selatan, Balikapapan, Kalimantan Timur.

President Jokowi Inaugurates Samarinda Seberang Terminal

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengaku telah menawarkan diri ke Presiden Joko Widodo terkait rencana pemindahan ibu kota negara.

"Saya langsung menawarkan diri ke presiden soal pemindahan Ibu Kota," ujar Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroeq, Selasa, 11 Juli 2017.

Untuk lokasi, menurut Awang, ia menilai Kota Balikpapan dinilai mumpuni, baik itu dari kesiapan infrastruktur dan lahan. "Balikpapan paling siap menggantikan Jakarta," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya