Gempa Darat 10 Kilometer di Padang Sidempuan Terasa 20 Detik

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa darat dangkal di kedalaman 10 kilometer berkekuatan 5,5 skala richter mengguncang wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Jumat, 14 Juli 2017.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa darat yang tak berpotensi tsunami ini dirasakan oleh warga selama 20 detik.

Sejumlah warga panik dan sempat berhamburan keluar rumah. "Atap rumah bergetar cukup keras, perabotan berbunyi dan bergoyang," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Gempa ini juga bisa dirasakan di empat kabupaten yakni, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Termasuk juga hingga Provinsi Riau, gempa ini bisa dirasakan selama 10 detik di Kabupaten Rokan Hulu.

"Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," ujar Sutopo.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Sejauh ini, BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat masih terus melakukan pemantauan dampak dari gempa tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024