Warga Satu Kampung di Surabaya Keracunan Limbah Cair

Truk kontainer yang mengangkut limbah beracun dari luar negeri yang ditemukan di Surabaya Jawa Timur, Jumat (14/7/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Ratusan warga yang tinggal di Rumah Susun Sederhana Sewa Romokalisari Surabaya Jawa Timur keracunan, Jumat dinihari, 14 Juli 2017.

PPLI Pastikan Rutin Lapor Pantauan Lingkungan ke DLH hingga KLHK

Diduga kejadian ini ditengarai oleh hawa beracun dari limbah cair yang dibuang sebuah truk kontainer di Kali Lamong yang berada di dekat permukiman. Ratusan warga pun dievakuasi dan harus mendapatkan perawatan medis.

Kepolisian pun langsung memeriksa kejadian ini, dan dipastikan memang ada aktivitas pembuangan limbah cair beracun ke aliran sungai.

Lebih dari 20 Ribu Orang Didenda Rp 3,4 Juta karena Menyampah di Singapura

Truk yang membuang limbah bersama sebuah gudang, tempat sejumlah kontainer, pun diperiksa. "Limbah berasal dari barang impor dan dibuang melalui aliran air Teluk Lamong," ujar Kepala Satreskrim Polres Surabaya AKBP Shinto Silitonga.

Diduga akibat itulah, ratusan warga akhirnya mengalami gangguan pernapasan dan sempat mendapatkan perawatan intensif di RS setempat.

Pabrik Beton di Jakbar Diduga Sebabkan Polusi Udara, Terancam Disanksi

"Delapan di antaranya sudah diperbolehkan pulang," ujarnya.

Sejauh ini, dari pemeriksaan diketahui limbah cair beracun ini ada sebanyak empat kontainer dan berasal dari luar negeri. Sebanyak dua orang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Tak disebutkan apakah kepolisian akan menelusur hingga ke pemilik barang. "Ini kejahatan pencemaran lingkungan dalam skala besar," ujar Shinto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya