Matahari Melintas Tepat di Atas Kakbah Sore Ini

Bangunan ka'bah.
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh/Files

VIVA.co.id – Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, atau Urais Binsyar, Muhammad Thambrin menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomi, matahari akan melintas tepat di atas Kakbah pada Sabtu sore hari ini, 15 Juli 2017.  Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB, atau 17.27 WITA.

KAI Sumut Tambah KA Sribilah untuk Antispasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik Lebaran 2024

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah," ujar M. Thambrin, seperti dikutip dari laman Kemenag.go.id, Sabtu.

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal juga dengan nama Istiwa A'dham, atau Rashdul Qiblah, yaitu ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Momentum ini, lanjut Thambrin, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Kasubdit Hisab Rukyat Dit Urais, Nur Khazin mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu memastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus, atau pergunakan lot, atau bandul. Lalu, pastikan juga permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.

Truk Terobos Pintu Perlintasan hingga Tertemper, PT KAI Tuntut Ganti Rugi

Terakhir, cek jam pengukuran, dan harus disesuaikan dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Radio Republik Indonesia, atau Telkom. (asp)

Stasiun Gambir

Awas Kehabisan! Ada KA Tambahan Khusus Relasi Gambir-Yogyakarta PP untuk Lebaran

Vice President (VP) Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, tiket KA dapat dibeli mulai hari Jumat, 5 April 2024, di aplikasi dan seluruh channel penjualan.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024