Hari Pertama Sekolah, Para Orangtua Siswa Berebut Kursi

Ilustrasi/siswa Sekolah Dasar.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Hari pertama sekolah usai libur panjang dimulai pada hari ini, Senin, 17 Juli 2017. Ternyata, di hari pertama sekolah ini tak hanya siswa yang disibukkan. Namun, para orangtua siswa juga disibukkan untuk mencarikan tempat duduk untuk sang anaknya di kelas.

Pantau PTM, Bupati Tangerang Temukan Kelonggaran Penerapan Prokes

Para orangtua siswa rela datang sejak Subuh untuk mengantarkan sang buah hati. Salah satunya terjadi di SD Cinangka, Bogor, Jawa Barat.

Mereka datang dengan berjalan kaki dan sepeda motor sejak pukul 04.30. Tujuannya hanya untuk mencarikan tempat duduk bagi anak mereka yang baru masuk kelas 1 SD. "Saya datang Subuh tadi dan menunggu sekolah buka. Saya ingin anak saya duduk di bangku depan," kata salah satu orangtua siswa, Ririn Rosidah, Senin, 17 Juli 2017.

Ratusan SD di Kota Medan Gelar PTM Terbatas

Hal yang sama juga terjadi di SD Sukadamai 2 di Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat. Di sekolah ini para orangtua siswa terutama ibu-ibu sudah berkumpul sejak pukul 06.00 pagi.

Mereka mengantarkan anak-anaknya sekaligus mencarikan bangku untuk anaknya agar nyaman saat belajar nanti. Padahal, di sekolah tersebut menerapkan sistem posisi bangku bergantian setiap minggu sekali agar semua siswa merasakan tempat duduk di depan dan di belakang.

Siswa SD di Kota Bogor Antusias saat Uji Coba PTM

"Saya datang pagi sengaja untuk mengantarkan anak saya pertama masuk sekolah dan mencarikan tempat duduk," kata orangtua siswa bernama Mulyati.

Kondisi mencarikan bangku di hari pertama masuk sekolah memang kerap kali terjadi di beberapa sekolah termasuk SD Cinangka dan SD Sukadamai 2 Bogor. Hal ini sudah menjadi tradisi orangtua yang mengantarkan anaknya sekolah di hari pertama anak masuk sekolah.

Laporan: Usep Sarupudin (Bogor)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya