Susi: Penenggelaman Kapal Bukan Kebijakan Presiden Jokowi

Menteri Susi Pantau Penenggelaman Kapal asing ilegal di Laut Ambon beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izzac Mulyawan

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kerap kali melakukan aksi penenggelaman kapal asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia.

30 Nelayan Indonesia Ditahan Pihak Australia Gegara Illegal Fishing

Susi menegaskan bahwa tindakan yang dilakukan bukan atas perintah dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melainkan atas perintah Undang-undang Perikanan Nomor 45 Tahun 2009.

"Penenggelaman kapal bukan kebijakan Pak Jokowi, bukan kebijakan Menteri Susi. Salah besar kalau bilang penenggelaman kapal kebijakan Bu Susi," kata Susi dalam acara 'Penganugerahan Liputan Media Terbaik Tentang Isu Keadilan Pangan' oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Oxfam, Selasa, 18 Juli 2017.

Di Tengah Perundingan Batas ZEE, Kapal Vietnam Langgar Kedaulatan RI

Penenggelaman kapal laut asing itu lantaran banyaknya maling yang mengambil kekayaan laut Indonesia. Maka perlu harus dilakukan tindakan tegas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Bagaimana itu lebih dari 10 ribu kapal asing berseliweran di laut Indonesia, itu sudah beyond logic, bagaimana itu sudah terjadi dan sekian lama," kata dia.

KKP Pulangkan 200 ABK Vietnam Pelaku Pencurian Ikan

Untuk itu, Susi  dengan tegas bersama jajaran terkait akan melakukan dan memerangi para pencuri ikan yang ada di laut Indonesia. "Tapi human trafficking juga yang membawa imigran bekerja di atas kapal," katanya. (one)

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Polri Tangkap Kapal Asing yang Lakukan Illegal Fishing, Sita Barang Bukti 200 Kg Ikan

Petugas Polri mengamankan empat orang awak kapal asing tersebut.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024