Terduga Teroris Agus Cs Akan Ledakkan Stadion Persib

Ilustrasi operasi penangkapan tim Densus 88.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA.co.id - Terduga teroris bom panci Agus Wiguna dan kelompoknya menargetkan meledakkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage di Kota Bandung, Jawa Barat.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarkat Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, target lokasi itu diketahui setelah tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menginterogasi terduga pelaku keenam, Yuki Chandra alias Yongki.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan, Yongki dengan Agus telah bertemu pada Mei 2017 di kawasan Ciwastra, Kota Bandung, untuk membahas perencanaan teror.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

"Dalam pertemuan itu, rencana amaliah (istilah khusus kelompok mereka yang bermakna tindakan/operasi teror) Agus, yaitu Stadion sepakbola Persib, GBLA di Gedebage dan kafe di Jalan Braga," kata Yusri saat dihubungi pada Selasa, 18 Juli 2017.

Bahkan, bom panci yang akan digunakan Agus seberat tiga sampai lima kilogram. Peralatan dan bahan-bahan bom sudah siap dan disimpan di kawasan Cidurian, Buah Batu.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Namun, rencana itu belum dapat dilakukan setelah survei dan uji coba meledakkan bom di rumah makan celeng di Astana Anyar, Kota Bandung. "Tetapi gagal karena bahan bakunya masih basah," terangnya.

Sebelumnya, tim Densus Mabes Polri menciduk lagi seorang terduga pelaku keenam dalam aksi teror bom panci Agus Wiguna cs, yakni Yuki Chandra alias Yongki. Dia sebenarnya ditangkap pada Senin sore, 17 Juli 2017, di Kampung Sirnagalih, Desa Karya Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Namun polisi baru menyampaikannya kepada pers.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023