Umumkan Informasi, Bandara Adisutjipto Pakai Bahasa Jawa

Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
Sumber :
  • Daru Waskita/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT. Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto menambahkan bahasa Jawa dalam penyampaian informasi atau pengumuman di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Aspal Landasan Bandara Adi Sujipto Terkelupas, Mahfud MD Berkicau

"Penambahan bahasa dalam penyampaian informasi announcement ini diharapkan dapat menghadirkan keramahan Yogyakarta di bandara," ujar General Manager PT AP I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, Rabu, 19 Juli 2017.

"Sekaligus mengenalkan serta mempromosikan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang lewat Bandara Adisutjipto," ujarnya menambahkan.

Aspal Landasan Terkelupas, Bandara Adisutjipto Sempat Ditutup 2,5 Jam

Biasanya, pengumuman di bandara disampaikan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Selain Bandara Adisutjipto, pengumuman informasi dalam bahasa daerah juga diterapkan di Bandara H Aroeppala Selayar, Sulawesi Selatan.

Pandu menjelaskan, bandara menjadi etalase yang mendukung pariwisata. Untuk itu, PT AP I Bandara Adisutjipto mendukung langkah pemerintah daerah yang menargetkan peningkatkan 4 persen wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pada 2018, salah satunya melalui promosi wisata Yogyakarta. 

UNS Jadi Tuan Rumah Pertemuan Berbahasa Jawa Sedunia

Kebijakan menggunakan bahasa Jawa di Bandara Adisutjipto ini mulai diberlakukan pada Senin, 17 Juli 2017.

Irfan, salah satu penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto, menyambut baik kebijakan menggunakan bahasa Jawa di bandara tersebut. "Tidak semua penumpang paham bahasa Inggris, ada juga yang lebih paham bahasa Jawa, jadi lebih membantu," katanya. (mus)
 

Bandara Adisutjipto.

Terminal A Bandara Adisutjipto Kembali Dibuka

Keberangkatan penumpang di Bandara Adisutjipto dipusatkan di Terminal A saat ini. Prokes pun dipastikan diperketat.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2022