Benda Langit Misterius di Agam Diduga Roket Tiongkok

Benda langit misterius yang terjatuh di sebuah ruas jalan aspal di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (18/7/2017)
Sumber :

VIVA.co.id – Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) menduga benda langit misterius yang terjatuh di Jalan Raya Jorong Kubu Kabupaten Agam Sumatera Barat adalah sisa pecahan roket Tiongkok.

Perusahaan Ini Siap Bersih-bersih Sampah di Antariksa

Dugaan ini didapat setelah LAPAN melakukan melakukan pemeriksaan langsung di lokasi penemuan benda misterius tersebut. Meski begitu, guna memastikan lebih detail, temuan itu akan dikirim ke pusat LAPAN.

"Segera dikirim ke kantor Pusat LAPAN di Bandung," ujar Kepala Kantor LAPAN Wilayah Agam Sumatera Barat Syafrijon, Rabu, 19 Juli 2017.

Sampah Antariksa Berpotensi Jatuh di Jakarta

Sejauh ini, dari pemeriksaan awal benda langit misterius ini tidak ditemukan kandungan zat berbahaya. Benda dengan berat 7,4 kilogram itu juga dalam keadaan kosong.

Baca Juga:

Sampah Antariksa China Jatuh dengan Selamat ke Samudra Pasifik

"Kita masih menunggu arahan dari kantor pusat soal teknis pengiriman nanti. Secepatnya, dalam beberapa hari kedepan segera kia kirim ke Bandung," ujarnya.

Penemuan benda langit misterius yang berbentuk bola ini sebelumnya terjadi pada Selasa, 17 Juli 2017, sekira pukul 09.30 WIB. Benda berbahan besi keras dengan diameter 110x55 sentimeter, menurut sejumlah saksi, terlihat menghujam ke bumi dan menghantam aspal jalanan.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun benda ini meninggalkan bekas mengelupas di jalanan akibat benturan yang terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya