Kronologi Bom Paskhas TNI AU Meledak dan Tewaskan Warga

Paskhas TNI AU
Sumber :
  • VIVA.c.idM Yasir

VIVA.co.id – Sebuah bom latihan Pasukan Khas TNI Angkatan Udara meledak di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis, 20 Juli 2017. Satu orang tewas di tempat dan lima orang (sebelumnya ditulis empat-red) lainnya luka-luka dalam peristiwa ini.

Pria Misterius di Gedung Kosong Ternyata Sniper TNI Penjaga Jokowi

Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya telah mengonfirmasi adanya peristiwa tersebut. Ia mengatakan kejadian ini terjadi usai latihan puncak personel Paskhas.

"Jadi latihan itu mulai tanggal 17 Juli 2017. Dan hari ini puncaknya. Latihan baru selesai hari ini, tadi sekira jam 11.15 WIB," kata Jemi kepada VIVA.co.id.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

Dalam latihan tersebut terdapat beberapa materi yang menggunakan bahan peledak seperti bom. Saat setelah pasukan selesai latihan, para personel berencana untuk membersihkan lokasi dari benda berbahaya seperti bom ataupun bahan peledak lainnya.

"Sesudah latihan, rencananya mau melakukan penyisiran. Tapi belum sempat dilakukan penyisiran sudah terjadi peristiwa ini," ujarnya.

TNI Kirim 19 Prajurit Pasukan Elite Jalankan Misi di Negara Bahaya

Jemi mengatakan, TNI AU akan bertanggung jawab penuh terkait musibah ini. "TNI AU akan bertanggung jawab penuh terkait peristiwa ini. Kami mengimbau agar masyarakat tidak mendekat ke lokasi kejadian sampai lokasi dinyatakan aman dan clear oleh petugas berwajib," ujarnya. (ase)

Ilustrasi hukuman mati

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

38 orang terdakwa tersebut terbukti melakukan serangkaian ledakan di kota Ahmedabad India yang menewaskan 50 orang dan melukai 200 orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2022