TNI AU Usut Meledaknya Bom Latihan di Rokan Ulu Riau

Korpaskhas3
Sumber :

VIVA.co.id – Sebuah Bom latihan Paskhas meledak di dusun Karya Bakti RW 2 RT 01 Desa Pasir Utama Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Ulu, Riau, pada hari Kamis 20 Juli 2017 kemarin. Ledakan ini menewaskan satu orang bernama Swanda yang merupakan masyarakat sipil, serta menimbulkan lima orang lainnya luka-luka.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

TNI AU menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya insiden tersebut. TNI AU akan bertanggung jawab atas semua korban yang timbul dari musibah ini. Atas kejadian ini, TNI AU juga akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Saat Ini TNI AU beserta aparat Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Rokan Ulu Riau dan pemerintah daerah setempat tengah serius melakukan penyelidlkan terhadap insiden ledakan yang terjadi," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Jemi Trisonjaya, kepada VIVA.co.id Jumat 21 Juli 2017.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

Jemi mengatakan, saat kejadian TNI AU sedang menggelar latihan Korpaskhas dengan sandi Trisula Perkasa. Dalam latihan tersebut yang digelar di kawasan bandara Tuanku Tambusai dilakukan simulasi serangan fajar yang menggunakan peluru tajam dan amunisi geranat kejut.

"Sebenarnya, berdasarkan peraturan yang ada, masyarakat itu dilarang untuk mendekati kawasan latihan sampai ada pernyataan aman dari pejabat berwenang. Kita akan selidiki lagi ini," ujarnya

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Saat ini, lanjut Jemi, Pihak TNI AU terutama Korpaskhas yang diwakili Wakil Komandan Korpaskhas masih terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Baik Kepolisian maupun Kodim dan Pemerintah Daerah setempat untuk melakukan pertolongan kepada korban dengan melakukan perawatan korban ke Rumah sakit setempat Secara paralel.

"Tim Korpaskhas juga sedang melakukan penyelidikan untuk meyakinkan kronologi kejadian ledakan dan sebab-sebabnya," ujarnya. (ren)

Ilustrasi hukuman mati

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

38 orang terdakwa tersebut terbukti melakukan serangkaian ledakan di kota Ahmedabad India yang menewaskan 50 orang dan melukai 200 orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2022