Sebanyak 299 Petugas Haji Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Upacara pemberangkatan petugas haji 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Sebanyak 299 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi 2017 Masehi/1438 Hijriah mulai diberangkatkan menuju Arab Saudi pada Selasa, 25 Juli 2017.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Petugas yang diberangkatkan hari ini terdiri atas 192 orang petugas dari Kementerian Agama dan dan 107 petugas kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Pelepasan pemberangkatan PPIH Arab Saudi digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Upacara pelepasan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nur Syam yang menjadi inspektur upacara meminta agar petugas haji agar tetap menjaga kesehatan selama melayani jemaah haji di Tanah Suci.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

"Semoga harapan kita semua, saudara-saudara tetap menjaga itu. Salah satu tugas petugas haji yaitu menjaga kesehatan," kata Nur Syam.

Selain itu, dia mengingatkan agar petugas haji tetap menjaga apa yang disebutnya sebagai "tiga J" yaitu jaga kepribadian, jaga kebersamaan, dan juga jaga mutu pelayanan haji Indonesia.  

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

"Saya berharap untuk menjaga mutu pelayanan jemaah haji Indonesia karena itu salah satu yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia," katanya.

Sementara itu, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Muhajirin Yanis menambahkan, 299 petugas yang diberangkatkan hari ini akan ditempatkan untuk daerah kerja Madinah dan Bandara Jeddah. 

Petugas haji akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda GA 980 melalui Bandara Soekarno Hatta pada pukul 11.50 WIB dan diperkirakan tiba pukul 17.30 waktu Arab Saudi. 

"Petugas haji daerah kerja Madinah dan airport akan bertugas selama 72 hari. Mereka akan memberi pelayanan mulai dari penerimaan jemaah haji sampai proses pemulangan," katanya.

Rencananya, setelah pemberangkatan PPIH daerah kerja Madinah dan Bandara Jeddah, masih ada petugas haji daerah kerja Mekah yang akan diberangkatkan pada Kamis 27 Juli 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya