Sejarah Baru, Perwira Remaja TNI-Polri Dilantik di Istana

Para Taruna Akademi Kepolisian saat berbaris (ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

VIVA.co.id – Untuk pertama kalinya, pelantikan perwira remaja TNI dan Polri 2017 berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta. Mereka langsung dilantik Presiden Joko Widodo, Selasa 25 Juli 2017.

Ada Insiden saat Upacara Pelantikan 833 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Sang Mayor Ambruk

Mereka sebanyak 729 orang Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri terdiri dari 437 Taruna Akademi TNI yang terdiri dari Taruna Akademi Militer 224 orang (208 Taruna dan 16 Taruni), Taruna Akademi Angkatan Laut 94 orang (84 Taruna dan 10 Taruni), Taruna Akademi Angkatan Udara 117 orang (105 Taruna dan 12 Taruni) dan Taruna National Defence Academy (NDA) sebanyak 2 orang. 

Sedangkan dari Taruna Kepolisian berjumlah 292 orang yang terdiri dari Taruna 243 orang dan Taruni 49 orang.

Jokowi Minta Gesekan Anggota TNI-Polri Harus Disudahi

Pelantikan tersebut dilangsungkan dengan upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri dan bertindak sebagai komandan upacara yakni Kolonel Laut (P) Edwin, yang merupakan Komandan Resimen Taruna Akademi Angkatan Laut. 

Dalam upacara pelantikan ini juga diberikan penghargaan Adhi Makayasa oleh Presiden Joko Widodo.  Empat orang Praja Remaja yang akan menerima Adhi Makayasa dari Jokowi yaitu Letda Inf Sagala dari Akmil Wiraswanrill, Letda Teknik Samsul Huda dari Akademi Angkatan Laut (AAL), Letda Elektro Bernadinus Yoga Kristian dari Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Ipda Pol Ade Hertiawan Juliansyah dari Akpol.

Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI-Polri di Istana

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian yang terdiri dari Matra Darat (dari Akademi Militer Magelang), Matra Laut (Akademi Angkatan Laut Surabaya), Matra Udara (Akademi Angkatan Udara Yogyakarta) dan Matra Kepolisian yakni dari Akademi Kepolisian Semarang).

Adhi Makayasa diberikan kepada mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik yang dinilai dari tiga aspek yaitu akademis, jasmani dan kepribadian atau mental. (ren)
 

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menghadiri pelantikan anaknya jadi perwira TNI

Edy Rahmayadi Bangga Anaknya Dilantik Jadi Perwira TNI AD: Sudah Khatam Saya

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama istrinya, Nawal Lubis menghadiri pelantikan anaknya, Gilang Prasetya Rahmayadi jadi perwira TNI oleh Presiden Jokowi di Istana Negara

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2023