Hari ini, 393 Calon Jemaah Haji Embarkasi Padang Berangkat

Ilustrasi/Jemaah haji Indonesia menaiki pesawat sebelum menuju Tanah Suci
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVA.co.id – Sebanyak 393 calon jemaah haji kloter pertama embarkasi Padang, Sumatera Barat, berangkat ke Tanah Suci melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau, hari ini. 

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

Mereka menuju Madinah menggunakan maskapai penerbangan Garuda Boeing 777-300 ER. "Jemaah haji yang tergabung dalam kloter pertama hari ini berangkat sekira pukul 10.30 WIB," kata Kasubag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Irwan, Jumat, 28 Juli 2017.

Dari total 393 CJH yang berangkat hari ini, terdiri dari 388 CJH dan satu orang dari tim pemandu haji Indonesia, satu orang tim pembimbing ibadah haji Indonesia, satu dokter, dua paramedis dan dua orang tim petugas haji daerah.

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

Sebelum berangkat tambah Irwan, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap seluruh dokumen dan kesehatan jemaah haji. Adapun usia jemaah, tahun ini masih didominasi jemaah berusia lanjut.

Sementara itu, terdapat lima orang calon jemaah haji kloter pertama dipastikan batal berangkat hari ini. Hal itu lantaran mereka sakit. "Mereka yang gagal berangkat hari ini, akan diberangkatkan pada kloter berikutnya. Itu pun jika kondisi kesehatan mereka sudah pulih dan mendapat rekomendasi dari tim dokter," kata Irwan.

Rute Bus Haji Embarkasi Bekasi Diubah Karena Tol Cikampek Ditutup

Tahun ini, embarkasi Padang memberangkatkan sebanyak 6.347 calon jemaah haji yang dibagi dalam 16 kloter. Dari total jumlah 6.347, terdapat 1.641 calon jemaah haji berasal dari Provinsi Bengkulu.

"Jumlah CJH pada tahun ini, mengalami peningkatan sekitar 20 persen jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 4.946 CJH." (mus)
 

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Kementerian Agama akan kembali menghidupkan Media Center Jakarta selama penyelenggaraan ibadah haji 1444 H. Media center ini akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2023