Kunjungi Daker Mekah, DPD RI Minta Kepuasan Jemaah Haji Naik

Anggota Komite III DPD RI mengunjungi daerah kerja Mekah.
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA.co.id –  Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi dalam rangka pengawasan tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 1438M/ 2017H, Sabtu, 29 Juli 2017.

Di Saudi, rombongan Angota DPD menyambangi kantor daerah kerja Mekah. Dari pantauan tim Media Center Haji (MCH) Mekah, tampak Wakil Ketua Komite III DPD, Fahira Idris, Emma Yuhana dari Provinsi Sumbar. Dr hj Eni Nuraini dari Bengkulu, Abdul Haji MH dari Sumsel, Abu Bakar dari Gorontalo, Rahman dari Kalteng dan Ahmad Jazuli dari Lampung.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

"Kami datang sesuai Undang-undang Nomor 13 tahun 2008 dalam rangka pengawasan," kata Fahira kepada wartawan di Mekah.

Dalam pemaparannya, Fahira mencatat peningkatan pelayanan bagi jemaah haji dan diharapkan akan lebih tinggi dari indek kepuasan jemaah yang telah dicapai sebelumnya sebesar 83,83 persen. Fahira berharap agar tahun ini ada peningkatan lagi terhadap pelayanan jemaah.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Terutama tentang pengetuhan prosesi haji, penyediaan konsumsi atau penyelenggaraan katering yang berkaitan dengan kualitas makan, juga terkait dengan kualitas armada yang pada tahun 2016 banyak dikeluhkan jemaah.

Kemudian catatan penting lain juga soal ego sektoral antara Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan yang menjadi bagian utama dalam penyelenggaran ibadah haji bagi masyarakat Indonesia.

"Terkait kesehatan juga penting untuk ditingkatkan. Seperti saat di Mina dan Arafah saya sarankan agar tabung oksigen untuk jemaah lebih banyak. Posisinya juga harus berada dekat jemaah," katanya.

Rombongan DPD RI juga mendengar pemaparan lengkap dari Kepala Daker Mekah, Nasrullah Jassam ,dan sejumlah kepala seksi yang merupakan tim Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) yang bertugas di Mekah. (ren)

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023