Ini Teknologi Canggih Penipu China yang Dibekuk di Surabaya

Puluhan warga negara China terlibat kasus penipuan di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA.co.id – Sebanyak 93 orang komplotan penipu internasional ditangkap di sebuah rumah Graha Family Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 29 Juli 2017. Dalam beraksi, mereka menggunakan teknologi informasi yang canggih sehingga sulit diendus.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Komplotan kejahatan siber itu menyasar korbannya di China dan Taiwan, tetapi dikendalikan dari Indonesia. Sejumlah kota dijadikan pusat kendali, seperti Jakarta, Bandung, Bali, Batam, dan Surabaya. Di Surabaya, mereka berada di empat lokasi.

"Mereka mayoritas dari China dan Taiwan," kata Ketua Tim Satgas Khusus Mabes Polri, Ajun Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro, kepada wartawan di lokasi penggerebekan Perumahan Graha Family Blok N/1 Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

Saat beraksi, pelaku mula-mula membobol data nasabah sejumlah bank di negara mereka, China. Nasabah lalu dihubungi dan dikatakan tersangkut tindak pidana. Korban diminta menemui polisi gadungan, komplotan pelaku yang berada di China atau Taiwan.

Korban tidak curiga karena nomor telepon yang tertera di layar telepon genggam berkode negara China. "Pelaku menggunakan teknologi 'fraud', sehingga yang muncul ketika ditelepon adalah nomor kode China," kata Susatyo.

Modus Tipu-tipu Masuk TNI-Polri, Nina Wati Dilaporkan Bikin Korban Rugi hingga Rp1 Miliar

Para pelaku, lanjut dia, telah beroperasi dari Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Hasil yang diperoleh komplotan ini dari tipu-tipu online itu sangat besar. "Kalau yang di Surabaya, mereka berhasil mengumpulkan uang Rp4 triliun," ujarnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, mengatakan bahwa kasus itu diungkap atas kerja sama Polisi China dan Polri. "Kepolisian China berkoordinasi dengan Polri," ujarnya.

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024