Upah Para Penipu Siber WNA China Rp40 Juta

Para pelaku penipuan asal China yang dibekuk kepolisian, Sabtu (29/7/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id – Ratusan warga negara China pelaku kejahatan siber dibekuk tim gabungan kepolisian Indonesia. Para penipu ini diketahui masuk ke tanah air lewat visa kunjungan untuk mengelabuhi petugas.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

Dari pemeriksaan, ternyata para penjahat siber asal China ini menerima upah yang lumayan besar setiap bulannya sebagai operator telekomunikasi.

"Digaji Rp40 juta sebulan," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran, Senin, 31 Juli 2017.

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Sebelumnya, penggerebekan terhadap 148 orang warga negara China ini terjadi di tiga tempat yakni di Jakarta, Surabaya dan Bali pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Para warga China ini akan melakukan kejahatan siber berupa penipuan terhadap warga sesama mereka dengan modus mengaku sebagai polisi, jaksa maupun petugas perbankan dan mengatakan para korbannya sedang terjerat kasus.

Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

Para korban, yang ketakutan, lalu ditipu dengan iming-iming kasus dihentikan jika menyerahkan sejumlah uang. Namun, para korban yang curiga lalu melaporkan ke polisi China dan diteruskan ke Polri hingga dilakukan penangkapan.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Berikut lima berita terpopuler VIVA.co.id kanal news sepanjang Sabtu, 13 April 2024. Terpopuler soal syarat Iran agar tak jadi menyerang Israel.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024