Konjen RI Pimpin Simulasi Bus Salawat untuk Jemaah Haji

Konjen RI Jedah Mohamad Hery Saripudin saat akan naik bus salawat.
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA.co.id – Sejumlah tim petugas Panitia Pelaksana Ibadah Haji daerah kerja Mekkah mulai melakukan simulai pelayanan untuk jemaah haji yang akan mulai masuk Kota Mekah pada 6 Agustus 2017.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Simulasi kali ini dilakukan tim transportasi yang menjadi tulang punggung utama dalam pelayanan pergerakan jemaah haji mulai dari bandara, hotel, dan ke sejumlah tempat ibadah, atau Masjidil Haram yang menggunakan bus salawat.

Simulasi ini dilakukan, untuk memastikan tidak ada kesalahan fatal dalam pemberian layanan. Simulasi akan dilakukan di 11 rute menuju tiga terminal akhir, satu terminal antara, dan 46 halte. Semua titik ini akan dicek secara detail oleh tim transportasi yang jumlahnya mencapai 175 orang. Mereka tim dari transportasi antarkota dan yang ditugaskan di bus salawat.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Ikut dalam simulasi ini Konjen RI Jedah Mohamad Hery Saripudin bersama dengan Kasubdit Transportasi Haji Kemenag, Subhan Cholid, Kasatops Armina Jaetul Muchlis, dan sejumlah pejabat Konjen RI Jedah.

"Simulasi untuk memperkecil kesalahan, atau hal tidak kita kehendaki. Kenyaman dan keamanan jemaah adalah hal utama," kata Hery kepada tim Media Center Haji, selepas apel pelaksanaan simulasi transportasi.

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu

Sementara itu, tim pelayanan ketering, atau konsumsi juga melakukan pengecekan di lima perusahaan ketering yang akan memberikan pelayanan makan bagi jemaah. Setelah kemarin melakukan peninjauan di dapur perusahaan ketering, hari ini dilakukan dengan mencicipi langsung makanan yang akan diberikan kepada jemaah.

Tim kesehatan juga melakukan simulasi penanganan terhadap masalah kesehatan jemaah. Simulasi dilakukan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia. (asp)

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023