Sinabung Meletus, Waspada Awan Panas dan Hujan Abu

Aktivitas erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin

VIVA.co.id – Aktivitas erupsi Gunung Sinabung kembali terjadi. Gunung api di Kabupaten Karo Sumatera Utara ini, kembali meletus dan melontarkan abu vulkanik.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Laporan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 2 Agustus 2017, Gunung Sinabung kembali memuntahkan abu vulkanik hingga setinggi 4.200 meter.

Letusan abu vulkanik berwarna pekat ini, kata Sutopo, juga disertai oleh keluarnya awan panas. "Luncuran awan panas sejauh 4,5 kilometer ke Tenggara Timur," kata Sutopo di akun Twitter resminya.

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Mengutip dari laporan Kebencanaan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, letusan Sinabung tercatat sebanyak tiga kali. Erupsi ini juga disertai guguran lava sejauh 1,6 kilometer.

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Dalam laporan ini, juga disebutkan bahwa kondisi saat ini adalah telah terbentuknya penumpukan endapan di kawasan Bendungan Sungai Laborus. Sehingga, bisa membahayakan bagi warga.

Sebab, sewaktu-waktu ketika bendungan tidak mampu lagi menampung endapan, maka akan berpotensi banjir. "(Ada potensi) lahar, atau banjir bandang ke daerah hilir," tulis laporan tersebut. (asp)

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari 15.000 Rumah Terendam

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Pihak berwenang Rusia mengatakan jumlah rumah yang terendam akibat banjir di Rusia telah melampaui 15.000, menurut laporan media pemerintah pada hari Senin 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024