Menteri LHK: Titik Api Bulan Juli Naik

Sebaran titik api di Indonesia berdasarkan pantauan citra satelit LAPAN, Rabu (2/8/2017).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lapan Hotspot

VIVA.co.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus mengecek titik api di sejumlah wilayah Indonesia. Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya telah mengatasi titik api di Nusa Tenggara Timur. 

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Menurut Siti, adanya kebakaran di titik itu disebabkan oleh praktik pembakaran lahan oleh warga. "Memang dibakar agar mendapat rumput hijau yang baru untuk ternak," kata Siti di kantor Kementerian LHK di Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Sementara itu, di wilayah lain di Kalimantan Barat, Siti mengakui adanya penanganan titik api yang tersendat akibat faktor biaya operasional. Padahal operasi ke lapangan sudah mulai jalan.

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

"Tadi malam baru pulang anak-anak dari Kalbar, dan memang ada kelemahan secara kelembagaan dalam koordinasi, sekaligus juga dalam dukungan finansial," ujarnya.

Selain NTT dan Kalbar, wilayah Riau juga menjadi sorotan dengan meningkatnya potensi titik api saat ini. Kemudian secara keseluruhan, Siti menjelaskan, kebakaran hutan pada bulan Juli ini meningkat sebanyak 49 persen ketimbang Juli tahun lalu.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

"Memang kalau dilihat hot spot-nya Juli naik. Dibandingkan tahun lalu, 49 persen lebih tinggi dari Juli tahun lalu. Dibanding dengan Juli 2015 itu 27 persen," katanya menambahkan.

Sementara itu, dari laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), berdasarkan citra satelit terekam pada Rabu, 2 Agustus 2017, terpantau ada 177 titik api.

Mayoritas titik api itu tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Dari jumlah titik api itu, sebanyak 38 di antaranya memiliki potensi terbakar hingga 80 persen.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrogo menyebutkan, dari beberapa kebakaran lahan yang terjadi di Sumatera, menunjukkan bahwa lahan gambut masih menjadi titik awal kebakaran. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya