Lukisan I Nyoman Gunarsa Ini Buat Jokowi Terkejut

Presiden Joko Widodo melihat lukisannya di Klungkung Bali
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengunjungi Museum Kontemporer Nyoman Gunarsa, di kawasan Klungkung, Bali, Jumat sore, 4 Agustus 2017.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, sang pemilik museum dan juga pelukis yang sudah tersohor namanya hingga internasional itu, I Nyoman Gunarsa, menyambut kepala negara dan istri.

Di pelataran museum yang asri itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara sempat diperlihatkan sejumlah koleksi wayang. Wayang Kumpi Mireg, yang dibuat tahun 1700 Masehi. Yang konon ceritanya diberikan oleh Raja Majapahit abad ke-15 kepada Raja Bali Dalem Waturenggong untuk digunakan menghibur masyarakat Bali.

Prabowo Diberi Lukisan Tangan oleh SBY Saat Hadir Silaturahmi dan Bukber Partai Demokrat

Presiden Jokowi nampak menyimak dengan seksama, penjelasan demi penjelasan itu.

Memasuki arena dalam museum, Presiden Jokowi yang turut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kaget. Sebuah lukisan, yang menggambarkan sosok dirinya sedang minum jamu, terpampang di salah satu sudut museum itu.

SBY Beri Hadiah Lukisan 'Standing Firm Like Rocks' ke Prabowo, Begini Maknanya

"Yang saya heran kok Pak Nyoman tahu bahwa saya senang minum jamu?," kata Jokowi, di Museum I Nyoman Gunarsa.

Dalam lukisan yang diberi judul 'Jokowi Minum Jamu' itu, terlihat sedang duduk dengan kursi kecil dan meminum jamu dari tukang jamu gendong. Jokowi dalam lukisan itu menggunakan baju putih dan celana hitam, yang sering digunakan selama ini.

Lukisan yang lainnya, Jokowi tampak duduk di tanah dengan sejumlah orang, dan asyik berbicara sesuatu. "Karena saya memang senang lukisan-lukisan. Saya harus menyampaikan apa adanya. Saya pengagum produk-produk lukisan bapak I Nyoman Gunarsa," kata Jokowi disambut tepuk tangan.

Jokowi mengatakan, lukisan-lukisan Nyoman Gunarsa punya nilai yang tak terhingga. Maka dengan melihat lukisan itu, masyarakat akan tahu bahwa roh dari kehidupan masyarakat Bali adalah seni.

Museum ini lanjut Jokowi, akan dijadikannya sebagai cagar budaya. Janji itu langsung ditindak lanjuti Jokowi dengan meminta jajaran Kementerian Pariwisata, untuk membantu pembangunan museum yang belum dirampungkan oleh Nyoman Gunarsa.

"Dan saya juga sudah perintahkan kepada Dirjen, pulang nanti akan saya perintahkan lagi pada menteri untuk bersama-sama agar museum ini dijaga, dirawat, diperbaiki bersama-sama antara pemerintah dengan keluarga besar bapak I Nyoman Gunarsa," terang Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya