Koper Rombongan Jemaah Haji Tertukar Selama 7 Jam

Petugas mengangkut koper milik jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA.co.id – Pergeseran jemaah haji dari Madinah ke Mekah, tidak selalu berjalan mulus. Pada Senin, 7 Agustus 2017. Sekitar 450 koper jemaah dari Embarkasi Solo (SOC) 6 tertukar dengan koper milik jemaah dari Embarkasi Jakarta, Banten, dan Lampung (JKG) 3.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Tertukarnya koper dari dua kloter itu terjadi karena petugas yang mengurus pergeseran jemaah dari Madinah tidak menyadari kalau penempatan koper di bagasi bus tidak sesuai dengan rombongannya. Akibatnya, saat tiba di Mekah, jemaah tidak mendapati kopernya.

Sekitar tujuh jam lamanya, jemaah harus menunggu koper mereka di hotel. Lama menunggu dikarenakan salah satu bus memang dijadwalkan lebih lama berangkat dari bus satunya.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

Pada Senin sore, 7 Agustus 2017, koper tersebut telah kembali kepada jemaah. Petugas terpaksa menggunakan dua mobil besar untuk menukar koper rombongan yang salah itu.

"Sudah beres, saat itu kami sampaikan agar jemaah tidak khawatir. Karena semua sudah ditangani. Kami memohon maaf kepada jemaah karena ada kendala," kata Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Mekah, Nasrullah Jasam, Selasa, 8 Agustus 2017. (art)

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu
Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023