Palsukan Dokumen, 345 Guru Bobol Bank Hingga Rp34 Miliar

Ilustrasi ijazah palsu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menderita kerugian hingga Rp36 miliar usai mencairkan pinjaman kepada 345 orang guru di Jawa Barat. Ini terjadi lantaran seluruh dokumen yang diajukan seluruhnya terbukti palsu.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Sejauh ini sudah ada 13 orang yang menjadi tersangka. Dengan seorang diantaranya adalah oknum pegawai BPR. Pemeriksaan polisi, sindikat penipu ini terbilang rapi dalam pekerjaannya.

"Yang mereka buat ini (dokumen), akurasinya cukup baik. Kalau sekilas nampak asli," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu, 9 Agustsu 2017.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Aksi pembobolan dana di BPR Jawa Barat ini terbongkar setelah ada kecurigaan hasil audit terhadap keabsahan sertifikat yang diagunkan para guru.

Diketahui, masing-masing guru bisa mencairkan uang hingga Rp80 juta di BPR. Lalu selanjutnya uang itu dibagi ke beberapa pihak.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

"Pemilik sertifikat palsu 30 persen, lalu Rp12 juta untuk YY (pembuat sertifikat) dan sisanya dibagikan ke beberapa pihak termasuk pihak bank," ujar Yusri.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.(B.S.Putra/VIVA)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi dan suap seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah deng

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024